TUGAS POKOK DAN FUNGSI STRUKTURAL
FAKULTAS TEKNOBIOLOGI UTS

Dekan

1. Menyusun dan melaksanakan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Operasional (Renop) yang hendak dicapai dalam masa jabatannya.
2. Menyusun Program Kerja dan Anggaran Tahunan Fakultas Teknobiologi
3. Melaksanakan pengembangan pendidikan tinggi sesuai kompetensinya
4. Mengkoordinasikan dan memantau kegiatan Tridharma di Fakultas
5. Menginisiasi, memantau dan mengevaluasi kerjasama bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan pihak lain di dalam dan luar negeri
6. Melaksanakan pembinaan civitas Fakultas
7. Menyusun dan menyampaikan Laporan Tahunan kepada Rektor setelah mendapat penilaian Senat Fakultas

Wakil Dekan

1. Merencanakan, melaksanakan, mengembangkan dan melakukan evaluasi kegiatan kemahasiswaan
2. Melakukan pembinaan kegiatan kemahasiswaan
3. Melakukan usaha peningkatan dan pengembangan minat, bakat, dan penalaran mahasiswa
4. Melakukan koordinasi dengan Pengurus Ikatan Keluarga Alumni Universitas dan Fakultas
5. Melakukan koordinasi fungsional dengan Wakil Rektor I Bidang Akademik dan SDM
6. Menyusun dan menyampaikan Laporan Tahunan kepada Dekan.
7. Melakukan pemantauan dan evaluasi sistem penerimaan mahasiswa baru.

Lembaga Penjamin Mutu Fakultas

1. Melaksanakan proses penjaminan mutu di tingkat Fakultas dan Program Studi, dan melakukan koordinasi dengan tim penjamin mutu tingkat Universitas
2. Terlibat secara penuh di dalam penjaminan mutu internal dan eksternal
3. Bersama Pimpinan Prodi menyusun spesifikasi Prodi, Instruksi Kerja dan dokumen pendukung.
4. Menyusun dokumen evaluasi diri serta melakukan persiapan akreditasi/ reakreditasi

Kepala Laboratorium

1. Merumuskan kebijakan dan SOP pelaksanaan laboratorium
2. Bersama program studi mengkoordinasikan perencanaan riset dan praktikum mahasiswa
3. Mengelola dan merumuskan pelaksanaan unit usaha Laboratorium
4. Melakukan monitoring dan evauasi berkala terhadap pelaksananaan laboratorium
5. Menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas kepada Dekan.

Ketua Program Studi

1. Menjalankan kebijakan akademik dan standar mutu pendidikan yang ditetapkan fakultas
2. Menyusun rencana kegiatan atau program kerja studi
3. Mengkoordinasikan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian di prodi
4. Melaksanakan pengembangan prodi di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian di lingkungan prodi
5. Mengkoordinasikan penyusunan dan pengembangan kurikulum pendidikan di Prodi
6. Menentukan dosen pengampu mata kuliah tiap semester
7. Menentukan dosen pembimbing dan penguji PKL dan tugas akhir
8. Berkoordinasi dengan LPMF untuk melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan proses belajar mengajar di tingkat Prodi
9. Melakukan evaluasi terhadap lama studi para mahasiswa
10. Mengkoordinasikan pembuatan RPS pengajaran sesuai dengan kurikulum prodi
11. Mengembangkan hubungan baik dan kerjasama dengan pemangku kepentingan (stakeholder)
12. Menyampaikan laporan kegiatan secara berkala kepada Dekan.

Sekretaris Prodi

1. Membantu Kaprodi dalam pengelolaan dan pengembangan prodi.
a. Merumuskan kebijakan prodi yang berkaitan dengan pengelolaan dan pengembangan penyelenggaraan tridharma.
b. Bersama kaprodi merencanakan dan mengelola anggaran pendapatan dan belanja prodi.
c. Merencanakan jadwal kuliah, praktikum dan evaluasi hasil belajar.
2. Memonitor dan bertanggung jawab atas kelancaran proses belajar-mengajar.
a. Mengevaluasi sistem pengelolaan dan pengembangan penyelenggaraan tridharma.
3. Menangani sirkulasi surat dan administrasinya.
4. Menangani pengarsipan surat dan dokumen penting [Turunan poin 3-4]
5. Menyelenggarakan pengelolaan data bidang administrasi umum.
6. Mempertanggungjawabkan tugas dan kerjanya kepada Kaprodi.
a. Menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas kepada Kaprodi.