Magang di KMUTT, Thailand

Lima mahasiswa Fakultas Teknobiologi (FTB) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) mengikuti kegiatan internship di King Mongkut’s University of Technology, Thailand (KMUTT). Mereka adalah Afif, Yaumi, Jasmine, Sagita, dan Faiz. Program ini terselenggara karena adanya Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua institusi, sebagai tindak lanjut dari komunikasi intens Internasional Office dari UTS dan dilanjutkan kunjungan oleh Dekan FTB UTS bulan lalu.

Kini, mahasiswa tersebut aktif melakukan perkuliahan maupun aktifitas laboratorium bersama dengan mahasiswa internasional lainnya di kampus KMUTT. Kegiatan ini diikuti mahasiswa UTS hingga Desember 2019 mendatang. “Semoga kegiatan ini terus berlanjut tidak hanya ke Thailand, tapi ke negara-negara lainnya di seantero dunia,” ungkap Dekan FTB UTS, Khotibul Umam M.Sc.

Diceritakan, terjalinnya kerjasama atau pertukaran mahasiswa ini berawal dari dari komunikasi antara Internasional Office UTS yang dikepalai Nurul Izzati M.Sc dengn pihak Internasional Office KMUTT Mr. Notanan. Melihat dari performance Fakultas Bioresources KMUTT yang memiliki Lab Advance, maka diajukan skema exchange antar fakultas yang kemudian direspon positif  pihak KMUTT.

Ia berharap melalui kerjasama ini, sejumlah mahasiswa Biotek bisa belajar banyak melalui teknologi di KMUTT. Paling penting mahasiswa memiliki wawasan global, interaksi dengan mahasiswa internasional, serta terciptanya atmosfer pendidikan yang kental melalui diskusi-diskusi ilmiahnya. “Tentuny ini berkaitan erat dengan value-nya UTS “Grooming The Future Leader” yakni mahasiswa yang dikirim keluar negeri sebagai sarana belajar menjadi pemimpin masa depan yang berwawasan global,” pungkasnya.