Fakultas Teknobiologi didirikan bersamaan dengan pendirian UTS pada tahun 2013. Secara hukum, legalitas pendirian prodi teknobiologi adalah mengacu kepada surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 65/E/0/2013 tentang pendirian Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) kegiatan akademik/pendidikan yang dijalankan oleh FTB UTS masih berfokus untuk mengelola satu program studi sarjana saja yaitu program studi (prodi) teknobiologi.

Analisis mendalam terhadap perkembangan FTB UTS dalam 3 tahun ke belakang sejak didirikan tahun 2013 dilakukan untuk mengetahui posisi FTB UTS selama keberjalanannya sebagai bentuk evaluasi. Isu-isu strategis yang dihasilkan tersebut akan menjadi input bagi perumusan arah dan kebijakan FTB UTS dalam sepuluh tahun ke depan. Tujuh aspek utama yang berkaitan dengan revitalisasi sistem internal fakultas guna terwujudnya Fakultas berbasis riset (Research based-faculty), yaitu: (1) Pendidikan/akademik (2) Penelitian; (3) Pengabdian Masyarakat; (4) Sumber Daya Manusia; (5) Pendanaan/finansial; (6) Sarana dan prasarana; serta (7) Organisasi dan Manajemen.

Kedepannya, Program Studi bisa menjalankan dan mengimprovisasi kebijakan strategisnya dengan efektif dan efisien melaui program-program yang ada di Fakultas. Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang ikut terlibat dalam penyusunan buku laporan ini. Semoga dapat bermanfaat dalam upaya terwujudnya pelayanan pendidikan yang berkualitas.