Bismillahirrahmanirrahim.
Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga ikhtiar membangun Indonesia lewat pendidikan bisa kita lanjutkan. membangun pendidikan adalah membangun peradaban, oleh karena itu pendidikan merupakan modal terbesar kita untuk bisa mencetak manusia yang bertanggung jawab yang kemudian bisa memajukan kehidupan Bangsa. Fakultas Teknobiologi Universitas Teknologi Sumbawa (FTB – UTS) hadir untuk misi membangun peradaban dari Indonesia Timur melalui pendekatan sains dan teknologi. FTB – UTS menyatu dalam napas perjuangan Bangsa, yaitu membangun bangsa yang berdaulat, adil dan sejahtera. Sebagai satu-satunya Fakultas dengan fokus keilmuan bioteknologi di Indonesia Timur, FTB-UTS memiliki amanah yang cukup besar. Amanah tersebut mencakup kedaulatan sains dan teknologi pada 4 bidang utama yaitu bidang Pangan dan Agrokompleks, bidang Medis dan Farmasi, bidang Lingkungan dan Pertambangan dan bidang Energi dan Industri. kondisi zaman yang sangat dinamis dan menantang memerlukan SDM yang memiliki jiwa kepemimpinan yang matang dan kerjasama tim yang kuat. Oleh karena itu FTB UTS hadir dengan visi misi maju dalam Penguatan kemampuan inovasi dan mengarahkan putra putri terbaik Indonesia menjadi SDM yang profesional, unggul, humanis dan bijak. Penyusunan uraian tugas, pokok, dan fungsi ini bertujuan untuk membantu kelancaran pelaksanaan tugas di lingkungan kerja FTB- UTS agar visi dan misi FTB UTS dalam pengautan programnya lebih terarah dan terencana. Uraian tugas, pokok, dan fungsi ini masih harus disempurnakan dan dilaksanakan secara sistematis dalam rangka menciptakan tertib administrasi yang baik. Demikianlah uraian tugas, pokok, dan fungsi ini kami buat dengan harapan dapat membantu ke arah perbaikan manajemen lingkungan kerja di UTS.

Struktur Fakultas Teknobiologi

Dekan : Izzul Islam, M. Sc. Eng
Wakil Dekan : Riri Rimbun A.C M. Sc
Unit Penjamin Mutu : Lili Suharli, M. Pd
Kepala Laboratorium : Baso Manguntungi, M. Si
Admin Fakultas : Ani Sulastri, S. Biotek
Ketua Program Studi : Kusdianawati, M. Si
Sekretaris Prodi : Sausan Nafisah, M.Sc
Admin Prodi : Legina R. F, S. Biotek

 

Teknobiologi disebut sebagai suatu disiplin ilmu yang sedang berkembang saat ini karena dalam kajiannya menggabungkan berbagai peminatan dan visi bidang ilmu sains. Adapun bidang ilmu yang termasuk ke dalam Kajian Teknobilogi adalah Pangan-Agrokompleks, Medis-Farmasi, Industri-Energi dan Lingkungan-Pertambangan. Keempat bidang minat ini yang kemudian menjadi fokus pengembangan dan Luaran tridharma dari Fakultas Teknobiologi. Luaran tridharma Fakultas Teknobiologi tidak jauh dari empat kajian tersebut serta disesuaikan dengan potensi lokal dan kebutuhan pasar. Untuk meningkatkan serapan lulusan ke dunia kerja, Fakultas teknobilogi juga merancang strategi pengembangan lewat jalur pemagangan, riset, dan kegiatan mahasiswa yang difokuskan langsung ke perusahaan dan mitra strategis lainnya. Visi dari Program Studi Teknobiologi adalah “Menjadi fakultas yang unggul dan inovatif dengan mneyelenggarakan pendidikan dan penelitian di bidang Bioteknologi yang berorientasi pada pengembangan kekayaan dan kearifan lokal menuju Indonesia Timur yang sejahtera Sedangkan misi yang diusung adalah sebagai berikut:

1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang bioteknologi dengan mutu standar internasional untuk menghasilkan para lulusan yang cerdas, profesional dan bermoral yang mampu mengelola sumber daya alam dengan bijaksana;

2. Meningkatkan penyelenggaraan riset di bidang Bioteknologi dengan memanfaatkan potensi sumberdaya alam Indonesia Timur yang berbasis pada kebutuhan masyarakat lokal

3. Mengembangkan Fakultas dengan manajemen yang profedional, akuntabel dan transparan untuk mendukung kegiatan Tridharma.

Studi ini akan menghasilkan profil lulusan seperti dibawah ini:
1. Dosen
2. Pengusaha berbasis Bioteknologi
3. Pegawai ASN (PNS dan Non-PNS)
4. Laboran atau QC di instansi
5. Analis AMDAL
6. Peneliti

Beberapa dosen yang memiliki kualifikasi untuk mengajar di program studi ini berasal dari berbagai latar belakang kepakaran Ilmu yang berbeda. Latar belakang kepakaran ilmu ini disesaikan dengan empat bidang minat Fakultas Teknobiologi yaitu 1). Bioteknologi Pangan & Agrokommpleks 2). Bioteknologi Medis & Farmasi 3). Bioteknologi Energi & Industri dan 4). Bioteknologi Lingkungan & Pertamabngan. Keempat bidang minat ini disesaiakan dengan potensi lokal, kebutuhan pasar, arah perkembangan keilmuan biotek terkini dan masalah global.